Kontes Literasi Matematika

Kontes Literasi Matematika atau KLM telah dilaksanakan di Indonesia sejak 2010.  Iniatornya adalah Zulkardi dari Unsri Palembang. Pertama disebut lomba melek matematika (LMM). Kemudian diganti KLM . Tak lama setelah itu KLM  diselenggarakan di seluruh provinsi di Indonesia.

Ujicoba Soal PISA Indonesia

Salah satu aktivitas PISA Indonesia adalah mengenalkan permasalahan PISA kepada siswa. Permasalahan tersebut terbagi atas 3 subjek diantaranya, matematika, sains, dan bacaan. Sebagai langkah awal, PISA matematika menjadi salah satu materi ujicoba yang dilaksanakan pada hari sabtu, 29 Mei 2010. Dengan melibatkan 30 orang siswa sebagai subjek ujicoba, kegiatan tersebut dilaksanakan di SMPN 1 Palembang, Sumatera Selatan, Indonesia. Berikut dokumentasi kegiatan ujicoba soal PISA Indonesia.

Soal PISA Indonesia dikembangkan berdasarkan 4 ranah konten PISA, keempat ranah tersebut meliputi: ruang dan bentuk, perubahan dan hubungan, kuantitas, dan ketidakpastian. Contoh masalah berdasarkan ranah PISA, misalnya:

Ranah Ruang dan Bentuk

Soal 1

TREES

The perimeter of a square lot is lined with trees. There are 3 yards between the centers of the trees. There are 8 trees on each side and a tree is at each corner.

Question 1

Calculate the number of yards in the perimeter of the lot?

Question 2

Calculate the area of the square lot?

Question 3

The owner wants to divide the square lot into some types of rectangular area. How can you help the owner to get some types of the square lot appropriately? Explain your answer. (Nas)

Ranah Perubahan dan Hubungan

~RAK-RAK SEPATU~

Perhatikan rak-rak sepatu di atas,

A adalah sepatu ayah

B adalah sepatu anak

C adalah sepatu ibu

Pertanyaan I:

Jika ayah, ibu dan anak mempunyai rak-rak sepatu sendiri, berapa maksimum jumlah sepatu yang bisa termuat pada 1 buah rak-rak sepatu?

Pertanyaan II:

Berapakah kira-kira banyak rak-rak sepatu yang dibutuhkan jika ayah memiliki 11 pasang sepatu, ibu 11 pasang sepatu, anak 11 pasang sepatu jika diharapkan sepatu ayah, ibu dan anak selalu berdampingan? (Yullys)

Ranah Kuantitas

Watermelon Plant

A student observes the growth of two same kind watermelon plants in his garden shown in the table below.

Watermelon plant Friday 8/5 Monday 11/5 Thursday 14/5
Watermelon plant 1 6 cm 9 cm 15 cm
Watermelon plant 2 8 cm 12 cm 18 cm

Question

Which watermelon plant has best growth? Give your reason! (Khairuddin)

Ranah Ketidakpastian

Production of Gas and Petroleum

Question 1:

Calculate the highest production (in m3) of gas? In what year is it?

Question 2:

In what year the production of gas and petroleum decrease? How many percent the decreasing?

Question 3:

In what year the highest increasing the production of gas and petroleum? How many percent the increasing? (Khairuddin)

Beberapa contoh permasalahan yang dikemukakan di atas menjadi bahan ujicoba yang hasilnya dapat dilihat pada galeri PISA Indonesia.

Lomba Melek Matematika (LMM)

Kegiatan ini adalah salah satu inisiasi mahasiswa PPs Unsri Prodi Pendidikan Matematika Reguler angkatan 2009. Ditinjau dari tema, “Melalui LMM, kita tingkatkan prestasi dan karakter kompetitif” merupakan suatu inspirasi baru tentang tinjauan matematika dari segi daya gunanya. Lomba Melek Matematika dilaksanakan selama 2 hari, yakni Jumat-Sabtu, 15 -16 Oktober 2010. Kegiatan ini diikuti oleh para siswa tingkat SMP/MTs se-Sumsel yang terdiri atas 54 peserta perorangan dan 46 peserta beregu, secara keseluruhan sebanyak 164 peserta.

Penggagas kegiatan ini adalah Prof. Dr. Zulkardi (Kaprodi Pendidikan Matematika Pascasarjana UNSRI). Kegiatan ini merupakan langkah awal di daerah Sumbagsel yang dilakukan untuk mengenalkan kepada siswa akan pentingnya matematika bagi kehidupan. Karena matematika itu sendiri muncul dari proses mengatasi masalah kehidupan, hendaknya ia dikembalikan kepada kehidupan itu sendiri. Maksudnya bahwa Matematika tidak muncul begitu saja seperti saat ini, ia telah ada ribuan tahun yang lampau seiring perjalanan hidup manusia. Walaupun tentunya pada masa itu bentuk dan definisi matematika belum jelas dan belum baku. Dapat kita baca bagaimana bangsa Mesir mampu membuat Spink dan piramid, tentunya karena mereka telah menguasai ilmu bangun dan pengukuran keseimbangan secara praktis. Begitupun bangsa kita yang telah mampu membangun borobudur. Sehingga kita mesti bertanya, mengapa kita takut dengan matematika? Seolah-olah matematika itu asing dan jauh dari kita, padahal matematika itu sendiri berawal dari kehidupan kita, dan sepanjang perjalanan kehidupan manusia, matematika akan selalu setia menyertainya. Karena itulah mesti diupayakan agar kita mencintai matematika, dalam hal ini kita menyadari bahwa kita sangat butuh terhadap matematika, dengan memahami dan mengerti matematika (walaupun tidak terlalu menguasai) semoga kehidupan kita akan lebih efisien dan terarah.

Kepuasan dari suatu lomba adalah menjadi juara dan menerima piala, kebanggaan menjadi juara adalah biasa, tetapi menjadi juara pada lomba yang pertama kali diadakan adalah tidak biasa. Perhatikan dokumentasi berikut.

Keterangan photo di atas, photo sebelah kiri bagian paling atas adalah penyerahan piala yang diberikan kepada juara 1 perorangan oleh Ibu Prof. Badia Parizade (Rektor Unsri), bagian tengah adalah fhoto penyerahan piala kepada juara 2 perorangan oleh Prof. Dr. Zulkardi (Ketua Prodi Pendidikan Matematika PPs Unsri), dan paling bawah adalah penyerahan piala untuk juara 3 perorangan oleh Dr. Ratu Ilma Indra Putri (Dosen Unsri). Sebelah kanan terpampang fhoto, dari kiri ke kanan, Ibu Prof. Badia Parizade (Rektor Unsri), Jonathan Kenny (SMP Xaverius 1, Juara 1 Perorangan LMM 2010), Dea lana Asri (SMP N 1 Palembang, Juara 2 Perorangan LMM 2010), Loangga Ahistela (SMP Xaverius 1, Juara 3 Perorangan LMM 2010), Ibu Dr. Ratu Ilma Indra Putri, dan Prof. Dr. Zulkardi (Ka Prodi Pendidikan Matematika PPs Unsri).

Soal yang diberikan pada Lomba Melek Matematika ini berupa soal-soal PISA. Soal-soal PISA memiliki karakter Matematika literasi yakni memiliki kapasitas untuk mengidentifikasi, memahami dan terlibat dalam matematika dan cukup beralasan membuat penilaian tentang peranan bahwa matematika ikut bermain baik pada kehidupan pribadi, kehidupan kerja, dan kehidupan sosial maupun sebagai warga negara. Matematika Literasi menyediakan pelajar dengan kesadaran dan pemahaman peran yang dengannya matematika bermain di dunia modern.  Matematika adalah subjek yang didorong oleh hidup-terkait aplikasi matematika. Hal ini memungkinkan peserta didik untuk mengembangkan kemampuan dan kepercayaan diri untuk berpikir secara numerik dan spasial dalam rangka untuk menafsirkan dan kritis menganalisa situasi sehari-hari dan untuk memecahkan masalah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s